Makanan yang Dibakar dapat Memicu Kanker

Mungkin anda salah satu penggemar makanan dari jenis yang di bakar, seperti sate ayam, daging panggang atau ikan bakar. Nah panganan ini memang memiliki rasa yang lezat. Namun untuk itu anda di tuntut harus waspada, karena bila mengkonsumsinya secara berlebihan bisa menimbulkan kanker dan penyakit lain yang tak kalah berbahayanya.
Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran arang atau kayu yang dapat memicu zat karsinogenik ketika lemak yang menetes dari daging yang sedang dibakar terkena arang. Arang mengandung karbon dan proses pembakarannya menyebabkan pembentukan hidrokarbon dan jelaga pada tempat panggangan yang tidak baik pula untuk kesehatan. Senyawa karsinogenik yang terkandung pada saat pembakaran mengandung bahan kimia berbahaya, yaitu heterocyclic amines (HCAs) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang tersebar di udara dalam bentuk asap serta menempel pada daging yang sedang dibakar.

Daging sebenarnya mengandung protein yang baik untuk tubuh. Namun apabila protein dalam daging tersbut tercampur dengan karbon dari arang maka akan terbentuk dua senyawa pemicu kanker yakni Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (PAH) dan Amino Heterosiklik (HCA). Senyawa tersebut tertimbun di permukaan daging yang hitam akibat terbakar.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir masuknya karsinogenik dalam tubuh, ada baiknya ada membuang bagian hitam dari makanan yang dibakar.


Untuk anda yang hobi memasak bakar-bakaran namun takut dengan resiko kanker, ada beberapa tips memasak. Sebaiknya anda rendam daging dahulu sebelum di masak agar tekstur daging lebih lunak sehingga butuh waktu pemanggangan yang lebih lama. Selain itu, bisa juga rebus dulu dagingnya agar lemaknya hilang. Saat memanggang, anda bisa melapisi daging dengan daun pisang, alumunium foil agar tidak secara langsung terkena dengan arang.

Terakhir, jangan lupa makan timun setelah makan makanan yang dibakar karena timun mengandung zat antikarsinogen.


Semoga Bermanfaat.. J

0 Response to "Makanan yang Dibakar dapat Memicu Kanker"

Post a Comment