Efek Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan

Assalamualaikum wr. Wb
Selamat malam sobat 
Ouh ya sobat, Berbicara tentang istirahat yang cukup, mungkin sebagian dari kita masih terngiang pesan guru kita ketika berada di Sekolah Dasar, yaitu “Istirahat yang baik, adalah istirahat 8 jam per hari – nak. Hehe

Pada dasarnya normalnya Manusia tidur 8 jam sehari. Namun karena kesibukan membuat waktu tidur dari sebagian orang berkurang. Dan tak jarang, banyak sebagian orang tidur kemalaman.

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut. Salah satunya yaitu tubuh akan lebih bugar dan segar ketika bangun. Sehingga kita siap menghadapi hari-hari yang berat dan melelahkan yang harus kita jalani hari ini. Dan sebaliknya, kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan Tubuh. 

Tidur membantu otak kita mengembangkan dan membuat hubungan syaraf otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengembalikan ingatan, memproses informasi dan membantu penyembuhan tubuh. Pertanyaannya, memangnya berapa banyak tidur yang kamu benar-benar butuhkan? Para peneliti mengatakan bahwa tidak ada “angka wajib“, tetapi pada wanita umumnya tidur lebih lama daripada pria, dan bayi tidur lebih lama dari orang tua. Tubuh kita sebenarnya memaksa kita untuk tidur dengan penambahan kecil (disebut microsleeps) ketika kita sudah terlalu lama tidak beristirahat. 

Selain hal-hal diatas, diceritakan bahwa dengan tidur  yang terlalu malam, maka kita akan mudah mengalami kerusakan hati . Jika dilihat dari sebab dan asal muasal, maka kerusakan hati ini ternyata bermula dari siklus kerja hati yang memang diganggu bagi para laki-laki dan wanita malam.
Jika dilihat fungsi hati, maka timeline kerja hati dari malam hingga pagi, sebagai berikut:

Pukul 21.00 – 23.00 : pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Pukul 23.00 – 01.00 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

Pukul 01.00 – 03.00 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Pukul 03.00 – 05.00 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pukul 05.00 – 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pukul 07.00 – 09.00: waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pukul 06.30. Makan pagi sebelum pukul 07.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pukul 09.00 – 10.00 dari pada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak dan jangan bergadang.

Selain mengakibatkan kerusakan hati, tidur terlalu malam juga akan berakibat buruk bagi kesehatan yang lainnya, antara lain :

1. Pelupa
Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup kamu? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukkan bahwa peristiwa otak yg disebut sharp wave ripples bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.

2. Refleks lemah
Tidur kurang selama berjam-jam bisa mempengaruhi sistem saraf pusat kamu. Akibatnya, sistem refleks pun akan melemah.

3. Insomnia
Karena terbiasa tidur di atas jam 12 malam, kamu bisa menderita insomnia berkepanjangan. Tubuh pun akan merasa tetap bugar meskipun sudah lewat tengah malam. Jika dibiarkan, saat bangun kamu menjadi lemas karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yg disarankan, yaitu tujuh sampai delapan jam per hari.

4. Sistem imun melemah dan delayed sleep syndrome
Terjaga sampai larut malam bisa mengahancurkan sel-sel darah putih yang berguna untuk kekebalan tubuh. Itu sebabnya tidur kemalaman bisa memperlemah imunitas kamu. Jika terlalu sering tidur larut, ada satu waktu di mana kamu akan tidur dengan waktu sangat awal. Hal ini disebut delayed sleep syndrome di mana siklus tidur kamu mulai terlambat.

5. Penambahan berat badan
Berat badan berbanding lurus dengan kurang tidur. Jika kamu tidak tidur minimal 6 jam semalam, metabolisme lemak akan terganggu. Apalagi jika tidak kunjung terpejam di malam hari, kamu akan cenderung mengunyah makanan tinggi lemak.

6. Gangguan otak
Tidur terlalu malam dan bangun dengan perasaan tidak nyaman, itu adalah tanda kamu mengalami gegar otak kecil. Sebab, otak manusia yang sering mengalami guncangan melalui waktu istirahat yang kurang dalam periode waktu tertentu, bisa mengakibatkan kerusakan otak.

7. Memengaruhi Kesehatan Kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaaan tersebut benar karena kurang tidur yg kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila kamu tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kamu melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. 

Dalam jumlah yg berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, atau protein yg membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. Ini terjadi saat tubuh sedang tidur nyenyak- yg kami sebut tidur gelombang lambat (SWS) hormon pertumbuhan dilepaskan, kata Phil Gehrman, PhD, CBSM, Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

8. Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi
Tidur larut malam yg konsisten membuat kamu rentan terhadap penyakit jantung dan bisa berujung pada stroke. Ditambah lagi dengan tidak mendapat jumlah waktu istirahat yang optimal, tekanan darah akan meningkat karena tidak mendapat istirahat yg cukup.

Semoga sobat lebih di siplin dalam mengistirahatkan tubuh saat selesai beraktivitas... :) :)

 Selamat Beristirahat Sobatt...

Waalaikumussalam wr. wb

0 Response to "Efek Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan"

Post a Comment